Tasha : Magang OGI sebagai Wadah Ide dan Pemikiran yang Tepat

Tasha Nastiti Waris, Pemagang Public Policy Specialist OGI Batch 10
Share
Tasha Nastiti Waris, Pemagang Public Policy Specialist OGI Batch 10
Tasha Nastiti Waris, Pemagang Public Policy Specialist OGI Batch 10

Priceless! Adalah hal yang akan saya katakan ketika seseorang menanyakan pengalaman magang saya di Sekretariat Nasional Open Government Indonesia (OGI). OGI banyak memberikan saya pengalaman berharga dalam kurun waktu magang yang singkat Pengalaman berharga ini yang saya dapatkan dari dalam dan luar kantor. Dari dalam kantor, saya mendapatkan pengalaman berharga tentang ritme kerja OGI yang sangat cepat, sibuk, progresif dan tidak kenal batasan waktu. Keprofesionalitasan dan komitmen sangat dibutuhkan dalam menjalankan tugas tersebut. Hal ini mendorong saya untuk bisa menjadi pribadi yang super seperti mereka. Selain itu, melalui dinamika dalam kantor saya juga memahami bahwa kapasitas individu tidak lagi dapat diukur berdasarkan usia, karena justru banyak pionir OGI yang berselisih umur tidak jauh dari saya. Situasi ini sangat memotivasi saya untuk menjadi pribadi yang lebih progresif dan professional.

Secara spesifik melalui tugas magang yang diberikan, saya jadi lebih memahami struktur dan karakter kerja birokrasi dilapangan. Saya melihat bahwa corak politik, komitmen, wawasan dan keseriusan pimpinan sangat mempengaruhi ritme kerja dan progresifitas bawahan. Untuk itu, komitmen pimpinan birokrasi rasanya memang sangat diperlukan untuk memperbaiki kinerja dan output institusi negara ini. Kemudian, pembelajaran lain yang saya dapatkan dari luar kantor ketika saya ikut dalam kunjungan ke Kota Banda Aceh dan Surabaya untuk menyusun Rencana Aksi (Renaksi) dan mensosialisasikan Open Government Partnership (OGP) Subnational Pilot Progam, ialah bahwa corak pengambilan kebijakan daerah sangat dipengaruhi oleh konteks sosial, politik dan budaya setempat. Selain itu, saya juga jadi lebih memahami dinamika Civil Society Organization (CSO) lokal yang unik dan beragam. Bahkan dalam perjalanan kunjungan tersebut, saya juga memiliki kesempatan untuk berjejaring dengan CSO yang merupakan bagian dari Working Group OGI.

Selain terkait substansi pekerjaan, pembelajaran lain yang saya dapatkan melalui OGI adalah pengoperasian inovasi teknologi yang sebelumnya tidak pernah saya gunakan. Ini dikarenakan di OGI kita tidak hanya mengerjakan tugas harian, namun kita juga berkesempatan untuk mempelajari keahlian satu sama lain. Beruntung, teman-teman saya di OGI banyak yang memiliki wawasan luas tentang pengoperasian teknologi informasi. Oleh karena itu, skill saya pun bertambah, mulai dari tidak paham cara memasukan tanda checklist di Ms. Excel sampe tahu cara mencetak file melalui printer wireless dan mempartisi data dalam komputer. Wow banget kan hahahaha.

Terakhir, hal paling berharga yang saya dapatkan dari OGI adalah sebuah keluarga baru yang terdiri dari teman-teman pemagang angkatan 10 yang membuat hari-hari di OGI makin asik: Kak Jo dan Azis, seksi administrasi dan keuangan OGI yang paling heboh dan menyenangkan: Bu Yuli, mentor-mentor yang super: Kang Endang, Kak Pandu dan Kak Fany, serta orang yang paling saya kagumi, pimpinan Seknas OGI: Kak Findie. Semua pihak dalam OGI selalu membuat saya nyaman dalam bekerja dan mendorong saya untuk terus mengoptimalkan kemampuan saya. Meskipun kapasitas freshgraduate tentunya berbeda dengan tenaga profesional, namun itu tidak membatasi proses transfer pengetahuan dan motivasi yang
dilakukan. Saya tidak menyesal sama sekali menunda waktu tiga bulan untuk bekerja dengan bergabung magang di OGI. Sebaliknya, saya justru merasa sangat bangga dan bahagia pernah bergabung di OGI. Semoga kita semua dapat bertemu kembali di kesempatan lain.

Untuk teman-teman pemikir yang kritis, pembelajar yang optimis dan pejuang yang nasionalis, sempatkanlah untuk bergabung di Sekretariat Nasional Open Government Indonesia. Dengan demikian, pemikiran, ide dan gagasan mendapatkan wadah yang tepat untuk disalurkan.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of