Azis Amirulbahar : Belajar untuk Saling Melengkapi

Share
Azis Amirulbahar, Pemagang IT Specialist Batch 10
Azis Amirulbahar, Pemagang IT Specialist Batch 10

Jauh sebelum tahu tentang adanya Open Government Indonesia (OGI) saya adalah orang yang tidak suka dengan dunia pemerintahan tapi bukan berarti saya membenci orang2 di sekitar yang suka dengan pemerintahan.

“Ah…ngapain sih mereka? Ah..nyari kekuasaan,biar terkenal, cuma cari duit aja kan mereka, mana mungkin punya niat baik kayak gitu.”

“ Yang itu juga ngapain, malah pada bikin macet jalanan pake nutup jalan di Bundaran juga? Teriak ga jelas,mending ngelanjutin turnamen PES yang kemarin aja rame2…hahahahaha”

Pas buka sosmed,”ini orang ngapain pake update status koar-koar masalah politik, dibayar berapa emang?”

Tiga hal tersebut yang sering saya pikirkan selama masa kuliah. Saya hanya suka berkumpul di acara2 yang topiknya membahas sesuai passion saya, yaitu teknologi. Sampai pada akhirnya,ada sebuah acara yang diselenggarakan oleh salah satu perusahaan teknologi “plat merah” yang salah satu pembicaranya mengatakan bahwa, “Let’s make collaboration, karena orang IT itu nggak bakalan tahu tentang bagaimana memasarkan produknya, serta bagaimana cara berkomunikasi dan memahami penggunanya”, yang intinya adalah berkolaborasi itu hal yang terpenting. Pada kesempatan lain, ada juga talkshow tentang data, yang juga memperkenalkan Open Data (data.go.id) serta mengatakan bahwa data terbuka seperti ini menjadikan peluang besar bagi para developer untuk mengembangkan produknya, setelah selesai acara tersebut mulailah penasaran dengan platform Open Data,dan ternyata memang banyak aplikasi yang dihasilkan dari platform ini & waktu itu beberapa pemerintah daerah maupun korporat pun mengadakan event hackathon yang temanya tentang Open Data dan sumbernya dari data.go.id.

Ternyata pemerintah ada inisiatif untuk maju dengan memanfaatkan teknologi, dan dari web data.go.id inilah saya tahu bahwa di Indonesia ada yang namanya Open Government Indonesia.

Beberapa saat kemudian ada seseorang yang post di halaman facebook tentang program magang Open Government Indonesia yang ternyata sudah sampai ke angkatan 10,wah sudah lama juga ya ternyata,tapi kok baru tahu sekarang.Karena sangat tertarik dengan salah satu platformnya yaitu open data, ya udah, ikutan daftar dan Alhamdullilah bisa bergabung dengan teman – teman lain dari background pendidikan yang berbeda yaitu Tasha di Public Policy Specialist serta Jovanni di Communication Specialist. Saat masuk di ruang OGI pertama kalinya,,wihh, ternyata di sini diisi oleh anak- anak muda yang mempunyai kepedulian dan semangat yang luar biasa, dan jauh dari pemikiran saya sebelumnya bahwa di sini banyak diisi orang tua.

Pada awal – awal magang sempat kebingungan dengan istilah Renaksi, Renstra,Tupoksi,CSO,dll karena istilah – istilah tersebut sangat asing dan baru pertama kali itu juga saya mendengarnya, tapi secara pelan – pelan akhirnya paham karena tugas – tugas selama magang ini tidak jauh dari istilah – istilah tersebut. Pada magang ini juga secara tidak langsung saya diajarkan untuk bekerja secara cepat, harus selesai sesuai target dan profesional. Ya profesional, sebenarnya ada banyak hal yang belum pernah saya lakukan di pekerjaan magang ini, namun hal tersebut harus dilakukan.

Selama magang ini juga membuktikan bahwa kolaborasi itu memang sangat penting, salah satu pekerjaan yang paling sering saya lakukan dan juga paling sering berkolaborasi adalah ketika OGI membuat konsep desain website terbaru, tidak hanya dari segi teknis saja yang diutamakan, namun juga dari isi materi apa yang sebenarnya akan disampaikan serta dari desain tampilan maupun pewarnaanya juga harus sesuai dengan prinsip dari OGI.

Dari proses magang ini menyadarkan saya bahwa ada banyak hal yang harus dipelajari untuk saling melengkapi, jangan hanya terpaku pada hal yang disukai, dan tentunya juga membuat saya sadar bahwa pemerintah mempunyai upaya untuk menjadi lebih baik, dengan inovasi – inovasi yang telah dilakukan dan membutuhkan support dari berbagai pihak untuk bekerja sama.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of