Cerita Inovasi : Bed Management System (BMS) RSUD Provinsi NTB

Share

Pengirim : Dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM.
Bed Management System (BMS) adalah portal keterbukaan terkait informasi ketersediaan ruang perawatan di RSUD Provinsi NTB. Portal BMS telah diterapkan sejak Tahun 2016. Sebagai rumah sakit rujukan, jumlah pasien yang dirujuk dari rumah sakit lain maupun puskesmas untuk memperoleh perawatan rawat inap di RSUD Provinsi NTB memiliki jumlah yang sangat tinggi. Informasi yang terbatas sering menimbulkan penumpukan pasien, sehingga kualitas pelayanan yang diberikan tidak optimal, sering menimbulkan keterlambatan penanganan, dan justru memperburuk kondisi pasien karena tidak segera ditangani. Di sisi lain, lamanya proses rujukan dan pengurusan rawat inap menjadi masalah yang paling banyak memperoleh keluhan dalam Pusat Laporan & Keluhan Masyarakat.  Masalah tersebut, mendorong pimpinan RSUD Provinsi NTB untuk membuat inovasi yang dapat mendorong peningkatan kualitas pelayanan yang lebih cepat, akurat, dan mudah. Maka dari itu, dibentuklah inisiatif inovasi Bed Management System.

CI2

(Tampilan informasi ketersediaan tempat tidur pada aplikasi BMS di depan admisi rawat jalan di gedung utama)

Informasi terkait ketersediaan ruang pada portal ini diperbarui sebanyak tiga kali dalam sehari dan diverifikasi oleh Kepala Ruangan sehingga informasi yang tersaji dalam portal benar-benar valid. Informasi tersebut disajikan dengan tiga kode warna, yaitu kode warna hitam untuk kamar yang belum dapat ditempati, kode warna kuning untuk kamar yang tersedia dengan catatan tertentu, dan kamar hijau untuk kamar yang tersedia.

infotempattidur

Keterbukaan yang dilakukan oleh RSUD Provinsi NTB bersifat kolaboratif karena dilakukan bersama aktor lain dalam menyebarkan informasi ketersediaan ruang perawatan. Hal tersebut mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat. Diseminasi informasi terkait ketersediaan ruangan tersebut disebarkan melalui berbagai kanal informasi seperti website RSUD Provinsi NTB dan Forum Komunikasi dengan berbagai stakeholder lain seperti Forum PERSI (Persatuan Rumah Sakit Indonesia), Forum Komunitas, dan Forum Komunikasi Media (yang meliputi wartawan, media cetak, dan elektronik di seluruh NTB).

 

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of