Cerita Inovasi : Implementasi Open Data di Kota Magelang melalui Sistem Informasi DataGO dalam Mendukung Konsep Satu Data Indonesia oleh Pemerintah Kota Magelang

Share

Pengirim : Nur Afiyah Maizunati

magelang

Kebutuhan data daerah terus mengalami dinamika sehingga pemenuhannya membutuhkan strategi tertentu agar dapat dilaksanakan secara efektif. Pemerintah Kota Magelang sebagaimana pemerintah daerah lain pada umumnya menghadapi kendala dalam pengintegrasian data daerah. Perumusan dokumen perencanaan pembangunan belum efektif karena pengumpulan data secara manual yang cukup menyita waktu. Mengingat pentingnya ketersediaan dan validitas data sektoral, Pemerintah Kota Magelang berupaya merealisasikan terbentuknya pusat data sektoral terintegrasi dengan membentuk portal data terbuka yang diberi nama DataGO (http://datago.magelangkota.go.id).

datago

DataGO merupakan aplikasi pengelolaan data sektoral berbasis e-filing yang digerakkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), universitas, lembaga swasta, dan instansi vertikal pemilik data strategis di Kota Magelang. Keunggulan DataGO adalah dilengkapi dengan hirarki otoritas input, verifikasi, dan publikasi data sehingga data yang dirilis merupakan informasi dengan validitas yang baik. DataGO sangat fleksibel untuk dikembangkan sesuai kebutuhan daerah dan mampu mengkompilasi tabulasi data dalam jumlah besar tanpa perubahan teknis pemrograman yang berarti.

CI3

Berbagai apresiasi telah diterima salah satunya adalah tercapainya Kota Magelang sebagai Badan Publik dengan Keterbukaan Informasi dan Inovasi Implementasi Portal Data Terbaik tingkat Jawa Tengah dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP Award) tahun 2017. DataGO telah menjadi obyek studi komparasi beberapa wilayah seperti Kabupaten Wonosobo, Kendal, Jepara, Sidoarjo, Semarang, Deli Serdang, Kota Salatiga dan diusung sebagai salah satu inovasi Kota Magelang dalam Innovative Government Award 2017. Melalui DataGO, Pemerintah Kota Magelang memiliki basis data sektoral yang terintegrasi dengan series yang berkelanjutan. Melalui DataGO, akses terhadap kebutuhan data dan informasi pembangunan Kota Magelang menjadi lebih transparan, mudah, dan menarik.

 

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of