Workshop Penyusunan Rencana Aksi Keterbukaan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro

Share

f33091fe-9a98-4745-87d5-3c094b2a32d4

Oleh Bojonegoro Institute

Bojonegoro – Dalam rangka penyusunan Rencana Aksi Open Government Partnership Kabupaten Bojonegoro periode 2018-2020. Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, bekerja sama dengan Bojonegoro Institute, telah menggelar Workshop di Hotel Griya Dharma Kusuma, pada, Rabu (15/8/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh 35 peserta, yang terdiri dari 18 peserta dari unsur OPD dan 17 peserta dari unsur CSO, perguruan tinggi dan Relawan Keterbukaan

Kegiatan yang dibuka oleh Joko Lukito, Asisten I Setda Bojonegoro itu, merupakan wujud proses co-creation dalam penyusunan naskah Renaksi OGP. Keterlibatan seluruh pemangku kepentingan atas pembangunan daerah Bojonegoro menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan keterbukaan pemerintah. Seluruh pihak diharapkan dapat berkontribusi sumber daya masing-masing demi keberhasilan pembangunan Bojonegoro.

Hal itu ditegaskan oleh Joko Lukito dalam sambutannya. “Saya berharap workshop ini akan menghasilkan dokumen renaksi OGP Bojonegoro yang realistis, relevan, dan berdampak signifikan bagi masyarakat, ” katanya.

Aparatur pemerintah mempunyai kewajiban memberikan layanan publik yang cepat, tepat, mudah, murah dan terjangkau. Menurut Asisten 1 Setda Bojonegoro itu, kewajiban aparatur daerah itu lebih mudah dijalankan melalui skema OGP.

Dengan menerapkan sistem pemerintahan daerah yang terbuka, menurut AW Syaiful Huda,  Direktur Bojonegoro Institute, sama artinya dengan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Dan akan tumbuh rasa memiliki dan berwujud melalui partisipasi warga dalam pengawalan program-program pemerintah.

51bfd90d-e495-4812-a766-be420bbd0a2a

“Renaksi OGP adalah satu bagian penting dalam implementasi sistem pemerintah terbuka itu. Dalam penyusunannya, hendaknya memperhatikan 4 prinsip, yaitu signifikan, logis, relevan, dan realistis.  Supaya renaksi yang disusun dapat tercapai,” jelas AW Syaiful Huda, dalam kata pengantar pembukaan workshop.

Dalam sesi pemantik diskusi,  Kusnandaka, Kepala Dinas Kominfo, menyampaikan mekanisme penyusunan renaksi, dan bahwa dalam penyusunan Renaksi juga telah melalui berbagai tahapan,  mulai dari rapat evaluasi pelaksanaan renaksi periode lalu (2016-2017), kegiatan jaring aspirasi warga,, workshop RPJMD dan visi-misi bupati terpilih,  hingga diskusi-diskusi komunitas.

Kusnandaka juga menyampaikan naskah usulan Renaksi OGP Bojonegoro secara ringkas dan padat, sebagai reminder dan pengantar diskusi.

51c51b6b-2663-41ac-8645-e285b3b9cff3

Selanjutnya para peserta workshop dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi, untuk membahas masing-masing usulan renaksi. Setiap kelompok diskusi mempunyai keanggotaan plural, sesuai dengan perhatian masing-masing pihak.

Naskah Renaksi OGP Bojonegoro yang dibahas ini terdiri dari 9 komitmen, yang terdiri dari;

  1. Pelayanan Kesehatan.
  2. Smart City Bojonegoro.
  3. Keterbukaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.
  4. Pembangunan yang inklusif dan berperspektif  gender.
  5. Pengurangan kemiskinan yang multi dimensi.
  6. Pelayanan Administrasi Kependudukan.
  7. Pelayanan Pendidikan.
  8. Pengembangan Pertanian yang partisipatif.
  9. Pembangunan Desa yang Transparan.

Dalam perkembangan pembahasannya, salah satu isu penting, adalah tetap dipertahankannya beberapa agenda Renaksi OGP periode lalu, 2016-2017, yaitu keterbukaan pengadaan barang dan jasa, pelayanan kesehatan, dan keterbukaan desa.

Keterbukaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro merupakan upaya inovasi yang bersifat kolaboratif untuk menyediakan sistem pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Bojonegoro yang informatif, terbuka dan akuntabel secara online, real-time, dan berdasarkan interoperabilitas data yang lintas OPD.

Hasil dari Workshop itu akan dirapikan oleh tim kecil, yang mewakili Pemkab, NGO dan akademisi, untuk kemudian dikonfirmasi dan verifikasi kembali ke OPD terkait, sebelum diajukan ke Pj Bupati dan disampaikan pada Bupati Terpilih.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of