Yuk Intip Kegiatan OGI Talk, Sebuah Talkshow Virtual untuk Mendorong Partisipasi Masyarakat demi Pemerintahan yang Lebih Terbuka

Share

Oleh: Fajrina Z. Azzurri

Partisipasi publik dewasa ini memiliki pengaruh yang cukup penting, khususnya pada proses penyelenggaraan pemerintahan. Dalam rangka mendorong pemerintahan yang lebih partisipatif, terbuka, transparan, akuntabel, Sekretariat Nasional Open Government Indonesia (OGI) berinisiatif untuk menyelenggarakan diskusi virtual melalui media Twitter. Diskusi tersebut bertajuk Live Tweet OGI Talk.

Live Tweet OGI Talk sendiri dikemas dengan konsep talkshow virtual melalui Twitter yang mengajak sejumlah narasumber dari Kementerian dan Kelompok Masyarakat (Civil Society Organizations atau CSOs) untuk berbagi materi mengenai Rencana Aksi OGI dan tema-tema lainnya yang menjadi perhatian OGI, sekaligus mengajak masyarakat untuk berpartisipasi melalui sesi tanya jawab dengan me-mention akun twitter OGI (@opengovindo) dan menggunakan tagar #OGITalk. Menarik bukan?

Nah, tema pertama yang diangkat dalam Live Tweet OGI Talk yang diselenggarakan pada hari Jumat (29/8) kemarin adalah tentang Rencana Aksi “Perencanaan dan Penganggaran Dana Desa” yang berkolaborasi bersama para narasumber yaitu Bapak Taufik Madjid dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia dan juga dengan pihak CSOs yang terkait yaitu Bapak Bejo Untung dari Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) dan Bapak Rikardus Wawo dari Wahana Visi Indonesia (WVI).

Tak disangka-sangka program Live Tweet terbaru yang diselenggarakan oleh Sekretariat OGI ini berlangsung seru. Live Tweet OGI Talk yang diselenggarakan pukul 18.30 WIB ini berhasil meraih perhatian para followers akun twitter OGI dan juga pengguna twitter lainnya. Berbondong-bondong mereka me-retweet, me­-mention, dan bahkan memberikan usulan kepada akun twitter OGI dan akun twitter para narasumber. Tampaknya tema “Perencanaan dan Penganggaran Dana Desa” ini tak hanya menjadi perhatian Sekretariat Nasional OGI dan para narasumber saja, tetapi juga masyarakat luas.
“Dorong pemerintah agar mengintegrasikan perencanaan pembangunan berdasarkan UU SPPN dan UU Desa, yang sejauh ini masih jauh panggang dari api,” komentar akun @abdulgafurbakri.

“Dibutuhkan dukungan peningkatan SDM aparatur Pemerintahan Desa yang baik dan standar, pak @fachrilabalado, baik dalam tata kelola keuangan desa maupun Perencanaan, pelaksanaan Pembangunan dan pemberdayaan, #tppilamongan #TPPUJawaTimur agar dapat mencapai Tujuan UU 6/2014,” ujar akun @wanut_susisno.

OGI Talk dipastikan akan kembali hadir untuk membahas tema-tema menarik lainnya yang menjadi perhatian OGI. Jadi, untuk kamu yang belum berpartisipasi di Live Tweet OGI Talk kemarin tidak usah khawatir dan tetap lihat lini masa twitter kami untuk update terbaru tentang OGI Talk berikutnya. Jangan lupa untuk ikut berpartisipasi ya!

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of