BI: Pelatihan Audit Sosial Sektor Pengadaan Pemerintah Daerah

Share

Oleh Bojonegoro Institute

Bojonegoro – Bojonegoro Institute (BI), salah satu Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) di daerah yang turut serta mengawal keterbukaan pemerintah daerah, khususnya pada sektor pengadaan barang/jasa pemerintah, telah menyelenggarakan kegiatan; Pelatihan Audit Sosial Sektor Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, pada Kamis (14/3/2019) di hotel Aston Bojonegoro.

Kegiatan pelatihan ini diikuti sekitar 30 peserta dari berbagai perwakilan kelompok masyarakat sipil, jurnalis, akademisi, pemuda, dan kelompok perempuan di Bojonegoro. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan perhatian, kesadaran dan keterlibatan publik dalam mendorong transparansi, serta akuntabilitas dan kualitas pengadaan barang/jasa pemerintah daerah.

“Kegiatan audit sosial sektor pengadaan barang/jasa pemerintah ini, diharapkan dapat meningkatkan perhatian dan kapasitas masyarakat sipil dalam mengawal keterbukaan, akuntabilitas, dan kualitas pengadaan publik oleh pemerintah daerah,” ucap Aw Syaiful Huda, Direktur Bojonegoro Institute.

Menurut Aw Syaiful Huda, setiap tahun ada ribuan proyek pengadaan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, dan sangat mustahil, pejabat pemerintah bisa mengawasi seluruh progres pelaksanaan proyek-proyek tersebut. Kalaupun ada pengawasan, itu pun normatif, laporannya masih manual yang berupa laporan dokumen kertas, sehingga sangat sulit mengetahui progres pekerjaaan secara presisi. Oleh karena itu, peran dan partisipasi warga untuk ikut terlibat mengawasi seluruh tahapan pengadaan publik menjadi sangat penting, guna meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, dan kualitas hasil pelayanan dan pengadaan publik di Bojonegoro.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan Christian Evert dari Indonesia Corruption Watch (ICW) sebagai narasumber, yang memaparkan materi tentang teknik dan strategi audit sosial pada sektor pengadaan barang/jasa pemerintah. Adapun narasumber lainnya, Aw. Syaiful Huda (Bojonegoro Institute), memaparkan tentang pemanfaatan Aplikasi Siipp.Net – sebuah aplikasi keterbukaan informasi dan pemantauan pengadaan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Melalui Aplikasi Siipp.Net, warga dapat mengetahui dan memantau pelaksanaan proyek-proyek pengadaan yang ada di daerah ataupun di lingkungannya (desa/kecamatan). Selain itu juga, warga dapat menyampaikan pengaduan/aspirasi pada seluruh tahapan pengadaan publik tersebut. Misalnya, menyampaikan aspirasi terkait desain bangunan (proyek bagunan fasilitas publik), melaporkan pengerjaan proyek yang asal-asalan dan membahayakan warga sekitar proyek, menyampaikan pengaduan/laporan keterlambatan pengerjaan proyek, pengurangan spesifikasi/volume, dan lain sebagainya.

“Dengan adanya keterlibatan warga untuk ikut serta berpartisipasi mengawal pengadaan barang/jasa pemerintah ini, maka memudahkan kerja-kerja pengawasan pemerintah, serta dapat meningkatkan akuntabilitas dan kualitas pelayanan ataupun pengadaan publik di daerah,“ ujar Aw. Syaiful Huda.

Sebagai tambahan informasi, keterbukaan pengadaan barang/jasa pemerintah, atau lebih familiar disebut dengan Open Data Contract (OCD), merupakan salah satu komitmen Rencana Aksi Keterbukaan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro 2018-2020 yang diinisiasi dan didorong oleh banyak pihak; pemerintah setempat, masyarakat sipil, dan akademisi di daerah.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of