OPEN GOVERNMENT WEEK INDONESIA 2019

Share

Pada tanggal 11-17 Maret 2019, Indonesia merayakan Open Government Week secara serentak bersama negara-negara anggota Open Government Partnership. Sebanyak 50 negara berpartisipasi dengan lebih dari 500 acara diadakan di seluruh dunia selama rentang waktu seminggu. Open Government Week merupakan perayaan untuk berbagi, mendiskusikan dan mempromosikan isu-isu mengenai keterbukaan pemerintah, sekaligus meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dan berbagai stakeholder dalam pemerintah.

Kegiatan Open Government Week bisa berupa apa saja yang melibatkan kolaborasi bersama antar berbagai pihak dari pemerintah maupun non pemerintah. Dari Seminar Nasional dalam skala besar, perlombaan, musrenbang, hingga kegiatan virtual seperti webinar yang terbuka secara global. Tema besar dari Open Government Week secara global adalah inklusivitas yang mencakup kesetaraan gender, keterlibatan anak muda dan akses untuk disabilitas serta masyarakat adat.  

Tahun ini, Sekretariat Nasional OGI mengorganisasi 10 kegiatan yang tersebar di empat wilayah di Indonesia yakni Semarang, Sintang, Sikka, dan Jakarta. Rangkaian kegiatan disusun  dari hasil kolaborasi lebih dari 20 stakeholder baik dari pemerintah pusat, daerah, universitas, organisasi masyarakat sipil dan donor internasional. Kegiatan Open Government Week di Indonesia juga diramaikan oleh kehadiran media lokal dan nasional serta diramaikan di sosial media global jaringan OGP.

Rangkaian acara Open Government Week di Indonesia mengusung beberapa tema seperti akuntabilitas sosial, konsultasi dan keterlibatan publik, anti korupsi dan keterbukaan pengadaan, penanganan pengaduan dan peningkatan pelayanan publik, keterlibatan pemuda dalam literasi anggaran dan pemilu 2019. Beragam kegiatan dilaksanakan selama minggu tersebut,  mulai dari seminar nasional, talkshow, pameran, workshop simulasi, musrenbang Desa, forum anak, roadshow ke kampus-kampus, hingga kumpul-kumpul anak muda.

Dalam kesempatan ini kami akan berbagi tiga tulisan blog mengenai berbagai pengalaman dan pembelajaran yang kita dapatkan selama Open Government Week 2019 di Indonesia. Jika tertarik melihat cuplikan-cuplikan kegiatan Open Government Week di Indonesia silahkan ikuti social media OGI di Facebook, Twitter dan Instagram melalui @Opengovindo. Dan bagi yang penasaran dengan kegiatan Open Government Week secara global, silahkan meluncur ke hashtag #OpenGovWeek di Twitter dan Instagram. Sampai jumpa di perayaan Open Government Week tahun depan!

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of